kunjungi

http://www.rahasiahp.com/?id=zahroelektronik

Senin, 16 Januari 2012


 



Contoh Penyusunan Proposal KKG/MGMP Program BERMUTU:

PROPOSAL
KEGIATAN (KKG/MGMP………………….) PROGRAM BERMUTU
KECAMATAN……….KABUPATEN/KOTA…………………………….
TAHUN 2011
                                                                                        
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang (berisi kondisi gambaran pendidikan di kab/kota, permasalahan pendidikan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran, gambaran komitmen kelompok kerja dalam menyelesaikan pendidikan di lingkungan, sumber dana yang diperlukan, dan program peningkatan mutu )

Berdasarkan observasi awal terlihat bahwa satuan pendidikan di tingkat dasar dan menengah di kabupaten/kota . . . pada umumnya tergolong dalam kategori . . . (maju/kurang maju) Hasil penelitian (jika ada) menunjukkan bahwa pendidikan di daerah kab/kota ………………tergolong (maju/rendah/modern/tadisional). demikian juga mutu pendidikan di sekolah kami/wilayah sekolah binaan kami terlihat…….,hal ini nampak dari……………Hal ini terjadi karena . . . kurang tersedianya) dukungan sumber daya pendidikan. Kondisi ini terjadi karena . . . (kurang ditunjang) oleh . . ……….. (misalnya rendahnya kegiatan pengembangan SDM oleh sekolah/dan pihak terkait, rendahnya tingkat hubungan dengan berbagai perguruan tinggi/LPTK, LPMP, PPPPTK).

Sementara itu dilain pihak terjadi tuntutan penguatan peningkatan mutu pendidikan disemua jenjang satuan pendidikan. Hal ini nampak dari munculnya berbagai regulasi/aturan-aturan yang terkait dengan pentingnya kemajuan pendidikan, sebagaimana……… (Per UU an) yang menjelaskan……….. Hal senada juga terdapat  dalam…………….. (PP/Permendiknas/BSNP) yang menjelaskan…………….
Uraian di atas menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang diharapkan. Hal ini berarti ada permasalahan pendidikan terutama terkait dengan kegiatan proses pembelajaran yaitu………………………..(terkait dengan pendekatan/model/media/metode/dst………..) yang memerlukan perhatian sesuai standar ………….(isi/proses/penilaian).
Permasalahan tersebut tidak lepas dari tanggung jawab guru/kepala sekolah/pengawas sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan di tingkat sekolah. Permasalahannya adalah belum semua guru/kepala sekolah/pengawas tersentuh oleh pelatihan/workshop guru/kepala sekolah/pengawas terkait dengan . . . . (sesuai dengan proses pembelajaran). Kompetensi guru/kepala sekolah/pengawas  belum berkembang secara optimal dikarenakan kurang adanya bimbingan dan informasi terkini dalam . . . . (sesuai dengan standar proses pembelajaran/program BERMUTU).
Sebenarnya kegiatan guru/kepala sekolah/pengawas di kelompok kerja…………(KKG/MGMP/…….…….)  secara rutin tetap  berlangsung dengan memberdayakan tenaga yang ada (tutorial sesama guru). Namun, belum ada sentuhan pengembangan dari pihak yang lebih kompeten di bidang pembelajaran dan penilaian, misalnya dari LPMP sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan.
Terkait dengan kondisi kompetensi guru/kepala sekolah/pengawas seperti digambarkan di atas maka kelompok kerja………… (KKG/MGMP/………….) tidak tinggal diam dan puas dengan kondisi tersebut. Kami kelompok kerja…………..memiliki komitmen tinggi untuk berubah maju kearah tercapainya standar …………sebagaimana tuntutan regulasi…………dan tercapainya visi, misi dan tujuan …………….. Ke depan, kelompok kerja………..(KKG/MGMP/……….) kami akan lebih memanfaatkan sumber daya pendidikan yang lebih kompeten, profesional untuk meningkatkan kompetensi kami dalam hal . . . …… (sesuai standar………./ tagihan program BERMUTU) melalui kegiatan brainstorming, pemecahan masalah, ceramah, tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi.
Selama ini kami mendanai kegiatan KKG/MGMP/…………. secara mandiri, iuran anggota dan sedikit mendapatkan bantuan dari sekolah berupa uang transpot. Jika harus mengadakan kegiatan yang memerlukan narasumber yang kompeten dan professional dari luar masih kekurangan dana pendukung. Oleh karena itu, kelompok kerja ………….(KKG/MGMP/…………….) berharap untuk mendapatkan bantuan dana (block grant) melalui program BERMUTU tahun 2011.
Dalam 2 tahun terakhir, kelompok kerja……….(KKG/MGMP/………..) kami telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain pengembangan silabus, pengembangan RPP, penilaian, serta mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan substansi materi pokok. Pada kegiatan tersebut kami masih menggunakan narasumber yang ada, yaitu sesama guru/guru senior yang dipandang lebih mampu. Karena itu, bila kami mendapatkan dana block grant program BERMUTU tahun 2011, kami akan memanfaatkan secara maksimal untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan kelompok kerja…………..(KKG/MGMP/…………… kami.

B.   Tujuan (sesuai dengan rumusan, masalah, terkait dengan peningkatan kompetensi guru, dan terkait dengan permasalahan pembelajaran)
Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan kelompok kerja………(KKG/MGMP/……… ini adalah sebagai berikut.
1.    . . . .
2.    ……..
3.    …….

C.       Hasil Yang Diharapkan (relevan dengan ke empat aspek tujuan yang diharapkan)
1.    Adanya peningkatan kompetensi guru dalam . . . .
2.    Peningkatan kompetensi guru dalam . . . .
3.    Peningkatan kualitas…………………………..

D.       Sasaran (ditetapkan mempertimbangkan ke empat aspek tujuan)
Sasaran kegiatan kelompok kerja………..( KKG/MGMP/……….) ini adalah peningkatan kompetensi………………kualitas proses pembelajaran dan ……………………... Sedangkan sasaran peserta yaitu Guru SD/SMP, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah Negeri dan Swasta di Kabupaten . . ……. mata pelajaran . . . .dengan karakteristik :
·         Latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
·         Kondisi sekolah tempat guru bertugas rata-rata . . . . …..
·         ………………………………………………………………..

E.        Manfaat (memberikan empat manfaat yang diharapkan)
a.    Meningkatnya kompetensi guru dalam . . . . (sesuai tuntutan standar isi, proses, penilaian/ program BERMUTU).
b.    Meningkatnya kualitas ………………. . . . .
c.    ……………………………………………………


BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM

A.    Laporan Pelaksanaan Kegiatan (memuat semua aktivitas yang telah disetujui LPMP, hasil evaluasi kegiatan kelompok kerja dalam satu tahun, permasalahan yang muncul dan upaya pemecahannya, implementasi serta hasil aktivitas kelompok kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah)
Kegiatan kelompok kerja (KKG/MGMP/………) dilaksanakan melalui kegiatan/diklat…………… Yang dilaksanakan pada ………….di…………….kegiatan ini laksanakan dengan alasan……………………….dan diikuti oleh……………dengan nara sumber…………………….(mengembangkan 5 W). Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan proposal yang disetujui LPMP yaitu menekankan pada………………….hasil evaluasi tahun satu tahun berjalan…………………….adapun permasalahan yang muncul adalah……………….sementara itu upaya pemecahan masalah dilakukan ……………Pada sisi lain implementasi kegiatan berjalan……………….sedangkan hasil aktivitas kelompok kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran…………………………

B.        Strategi dan Metode pelaksanaan Program (meliputi 4 kreteria): berpedoman panduan DBL, dilengkapi semua data administrasi kegiatan yang diminta, dilengkapi semua data administrasi keuangan, dan kesesuaian dengan jadwal

Pelaksanaan kegiatan kelompok kerja …….(KKG/MGMP/……..) di kabupaten . . . berjalan dengan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera, sementara fasilitator yang ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi ada di antara anggta sudah pernah memperolehnya (desiminasi). Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan . . . . (untuk peserta tahun II sesuai dengan laporan kegiatan BERMUTU tahun lalu, sedangkan untuk peserta tahun I merupakan gambaran pelaksanaan kelompok kerja………(KKG/MGMP/…….. tahun lalu).
Sebagai bukti telah terlaksananya kegiatan kelompok kerja……(KKG/MGMP/,,,,,,,,,) selama satu tahun terakhir, berikut ini kami sertakan data administrasi, penggunaan dana/keuangan, dan bukti pelaporan. Data pendukung sebagai bukti tersebut dapat dilihat pada lampiran yang ada.

Sebagai pertangungjawaban terhadap terlaksananya kegiatan di KKG/MGMP/…….. . . . kabupaten . . . , seluruh kegiatan mulai dari presensi/absensi, kontribusi anggota dan sekolah induk, topik/materi bahasan serta narasumber yang mengampu, dan jalannya kegiatan dicatat dalam administrasi kegiatan KKG/MGMP.
Khusus mengenai pertanggungjawaban keuangan dicatat/dibukukan dalam bentuk kas dana masuk dan dana keluar. Seluruh penggunaan keuangan KKG/MGMP digunakan secara transparan dan akuntabel dilaporkan kepada anggota dan diketahui oleh pembina KKG/MGMP. Laporan keuangan tersebut merupakan bagian dari laporan seluruh kegiatan KKG/MGMP/……….

C.       Sistem Dokumentasi Kegiatan/pelaporan (meliputi 4 kriterita) :
berpedoman panduan DBL, dilengkapi semua data administrasi kegiatan yang diminta, dilengkapi semua data administrasi keuangan, dan kesesuaian dengan jadwal
D.   Kualitas Program
(meliputi 4 Kriteria)  terkait dengan : kompetensi guru, kebutuhan peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan penerapan hasil pelatihan.
Program kegiatan yang dilaksakan sesuai dengan tuntutan Bermutu yaitu konsen dengan peningkatan kompetensi guru terutama terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran (penerapan pendekatan, model-model pembelajaran terkini, penggunaan metode bekualitas, penerapan media dan alat peraga yang kontekstual) dan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui kegiatan inservice training, diklat, dan penulisan penelitian tindakan kelas yang didesain melalui analisis kritis dan lesson study. Serta kegiatan diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru, seperti seminar proposal, seminar hasil dan sebagainya.
Pelaksanaan kegiatan selama ini menunjukkan kualitas……………(tinggi, sedang, rendah) hal ini nampak dari realitas…………………,kualitas pelaksanaan yang demikian ini disebabkan factor-faktor antara lain ………..untuk itu implementasi hasil-hasil diklat/kegiatan kolektif guru di tingkat kelas selama ini perlu terus ditingkatkan.

E.    Frekwensi Kegiatan (pertahun) lebih dari 15 kali
·         Peserta tahun I sesuaikan dengan frekwensi kegiatan KKG/MGMP satu tahun yang lalu.
·         Peserta tahun II sesuaikan dengan jadwal inservice dan 16 x pertemuan BERMUTU.

F.    Keterlibatan Peserta (90-100 Persen)
Tuliskan berapa persen keterlibatan peserta dalam kegiatan KKG/MGMP/…… satu tahun yang lalu.

G.   Gambaran Alasan Pelaksanaan Program
(tergambar dengan jelas dan tegas, relevan dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, di dukung data dan fakta lapangan)
Tuliskan relevansi pelaksanaan program dengan peningkatan mutu guru.


BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

A.       Penyusunan Perencanaan Kegiatan kelompok Kerja
(disusun  didasarkan pada pengamalan kegiatan tahun sebelumnya, potensi yang dimiliki, permasalahan yang muncul dari pembelajaran, analisis kebutuhan guru akan peningkatan kompetensinya)

Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja………(KKG/MGMP/…….) menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera dengan fasilitator yang sudah pakar; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar dengan atau tanpa pakar. Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan . . .  (sesuaikan dengan standar proses/tagihan BERMUTU)

B.       Strategi dan Metode Rencana Pelaksanaan Program (dapat dilaksanakan di tingkat kelompok kerja)

C.       Materi Kegiatan 

Materi kegiatan kelompok kerja……(KKG/MGMP/……) yang didanai oleh DBL Bermutu ini direncanakan sebagai berikut.
. . . . (sesuaikan dengan program BERMUTU).

D.       Narasumber (kepakaran sesuai dengan masalah, kualitas memadai)
Adapun narasumber yang diminta untuk memberikan bimbingan dalam kegiatan ini   adalah widyaiswara LPMP, dosen bersertifikat BEMUTU.

E.        Waktu/Jadwal Pelaksanaan Pembelajaran (Ada jadwal kegiatan lengkap)
(Sesuaikan dengan kegiatan inservice dan 16 x pertemuan program BERMUTU)

F.        Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan KKG/MGMP BERMUTU dilaksanakan secara tetap di . . . (sanggar KKG/MGMP).
Alamat: Jalan . . . .

G.       Rencana Pemantauan  dan Evaluasi Pelaksanaan Program (sejak persiapan, pelaksanaan dan akhir kegiatan)
Untuk menjaga dan menjamin pelaksanaan kegiatan akan dilakukan monitoring dan evaluasi (ME) oleh LPMP dan penanggung jawab program BERMUTU di daerah. ME akan dilaksanakan sejak dimulainya persiapan kegiatan, saat kegiatan sedang berlangsung, dan pada akhir kegiatan.

H.       Rencana Pelaporan (Bulanan, Triwulan, Tengah Tahun, Dan Akhir Tahun)
Sejalan dengan perencanaan ME, akan dibuatkan laporan secara bertahap, mulai dari persiapan sampai dengan laporan akhir kegiatan. Laporan meliputi pelaksanaan kegiatan, hasil-hasil kegiatan, dan laporan penggunaan dana. Pelaporan dilakukan secara bulanan, triwulan, tengah tahun, dan akhir tahun.

I.          Rencana Anggaran Belanja (RAB)
Disusun sesuai dengan form dan nominal yang telah ditentukan (penerima tahun ke II atau ke III)



BAB IV
PENUTUP

Memuat kesimpulan rencana pelaksanaan kegiatan DBL secara singkat termasuk jadwal pelaksanaan kegiatan mengacu pada tahun anggaran berjalan

LAMPIRAN

A.        Struktur kepengurusan (SK Pembentukan Kelompok/Musyawarah Kerja)
lengkap dan disahkan oleh dinas pendidikan setempat.

B.        Foto copy bukti – bukti pengeluaran anggaran DBL KKG/MGMP/KKKS/MKKS/KKPS/MKPS/FKKG/FMGMP/FKKKS/FMKKS untuk kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah.

C.       Rekap pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah.

D.       Bukti fisik daftar hadir peserta setiap kegiatan pada setiap tahun ajaran sekolah,
lengkap (ada tanda tangan) dan sesuai dengan jadwal kegiatan.

E.      Profil kelompok/musyawarah kerja terbaru.



CONTOH PROPOSAL -PTK-tugas dlm kuliah


A.    Judul
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SAINS  DENGAN  MENERAPKAN PEMBELAJARAN MODEL  KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS 1V DI MI NURUL HUDA
B.     Latar Belakang Masalah
              Teknik penyajian pelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara pengajaran yang dipergunakan oleh guru  atau instruktur. Pengertian lain ialah sebagai   teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk mengajar atau penyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas , agar pelajaran tersebut dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik. Di dalam kenyataan cara atau metode mengajar  atau teknik penyajian  yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan informasi  atau massage lisan kepada siswa berbeda degnan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, ketrampilan serta sikap. Metode yang digunakan untuk memotivasi siswa agar mampu menggunakan pengetahuannya untuk memecahkan suatu masalah yang  dihadapi ataupun untuk menjawab suatu pertanyaan akan berbeda dengan metode yang digunakan untuk tujuan agar siswa mampu berpikir dan mengemukakan  pendapatnya sendiri di dalam  menghadapi segala persoalan.
C.  Rumusan Masalah
               Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut:
     1.  Apakah penerapan pembelajaran kontekstual model  Kerja Kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran ipa pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru.
2.   Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model  Kerja Kelompok dalam meningkatkan motivasi, minat, perhatian dan partisipasi belajar ipa pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru.
D.  Tujuan Penelitian 
              Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk :
    1.  Ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar ipa setelah diterapkan pembelajaran kontekstuial model  Kerja Kelompok pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru.
    2.  Ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual model  Kerja Kelompok dalam meningkatkan  prestasi dan motivasi belajar terhadap materi pelajaran. Ipasetelah diterapkan pembelajaran kontekstual model  Kerja Kelompok pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru.
E.  Kegunaan Penelitian
                   Adapun maksud penulis mengadakan penelitian  ini diharapkan dapat berguna bagi:
         1.  Memberikan informasi tentang model pembelajaran yang sesuai dengan  proses belajar mengajar ipa.
         2.  Meningkatkan prestasi dan motivasi pada pelajaran ipa
         3.  Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang  peranan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar Ipa
         4.  Sebagai penentu kebijakan dalam  upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ipa.
         5.  Menerapkan metode yang tepat sesuai dengan materi pelajaran Ipa.
F.  Alasan Pemilihan Judul
      Judul ini kami pilih untuk menarik minat para pembaca dan juga supaya para pembaca lebih mudah memahami isi dari proposal ini, sehingga dapat menerapkan metode ini dalam proses pembelajaran.
G.  Hipotesis
            Berdasarkan kajian teori, hasil penelitian yang relevan, dan kerangka berpikir di atas, dirumuskan hipotesis tindakan dalam penelitian ini sebagai berikut: “Dengan menerapkan model kerja kelompok dalam proses belajar mengajar sains, maka kemampuan siswa kelas IV MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru dalam menyelesaikan soal sains dapat meningkatkan prestasi belajar”.
H. Tempat,Waktu Dan Subyek Penelitian
  1. Lokasi Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di kelas IV, MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru. Penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas, dan subjek penelitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
  1. Waktu Penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama tiga bulan, September s/d November. Semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012.
  1. Subjek Penelitian
Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas IV, MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru. dengan jumlah siswa sebanyak 18 anak yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.
I. Kajian Pustaka
            Kerja Kelompok
Teknik ini sebagai salah satu strategi belajar mengajar. Ialah suatu cara mengajar, dimana siswa di dalam kelas dipandang sebagai suatu kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 (lima) atau 7 (tujuh) siswa, mereka bekerja bersama dalam memecahkan masalah, atau melaksanakan tugas tertentu, dan berusaha mencapai tujuan pengajaran yang ditentukan pula oleh guru.
Dalam kelompok siswa harus bisa bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, menyeimbangkan pikiran/pendapat atau tenaga untuk kepentingan bersama, sehingga mencapai suatu tujuan bersama pula.
Apakah keuntungan penggunaan teknik kerja kelompok itu? Keuntungannya ialah:
-          Dapat memberikan kesempatan pada para siswa untuk lebih intensif mengadakan penyelidikan mengenai sesuatu kasus atau masalah.
-          Dapat memberikan kesempatan pada para siswa untuk lebih intensif mengadakan penyelidikan mengenai sesuatu kasus atau masalah.
-          Para siswa lebih aktif tergabung dalam pelajaran mereka, dan mereka lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi.
-          Dapat memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan rasa menghargai dan menghormati pribadi temannya, menghargai pendapat orang lain, hal mana mereka telah saling membantu kelompok dalam usahanya mencapai tujuan bersama.
-          Kerja kelompok sering-sering hanya melibatkan kepada siswa yang mampu sebab mereka cakap memimpin dan mengarahkan mereka yang kurang.
-          Keberhasilan strategi kelompok ini tergantung kepada kemampuan siswa memimpin kekompok atau untuk bekerja sendiri.
Bentuk-bentuk kerja kelompok yang bisa dilaksanakan ialah:
a.       Keja kelompok berjangka pendek.
Bentuk ini dapat disebut pula “rapat kilat” karena hanya mengambil waktu ± 15 menit, yang mempunyai tujuan untuk memecahkan persoalan khusus yang terdapat pada sesuatu masalah. Umpamanya: Ketika instruktur menjelaskan sesuatu pelajaran terdapat suatu masalah yang perlu didiskusikan. Guru dapat menunjuk beberapa siswa, atau membagi kelas menjadi beberapa kelompok untuk membahas masalah itu dalam waktu yang singkat.
b.      Kerja Kelompok berjangka panjang.
Pembicaraan di sini memakan waktu yang panjang, misalnya memakan waktu 2 hari, satu minggu atau mungkin tiga bulan, tergantung pada luas dan banyaknya tugas yang harus diselesaikan siswa. Apabila siswa telah menyelesaikan tugasnya di dalam suatu kelompok, ia boleh memilih membantu kelompok lain sesuai dengan minat mereka.
           
J.  Metode Penelitian
1.      Populasi dan Sampel
Dengan menggunakan teknik populasi dan sampel, maka semua siswa MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru ditetapkan sebagai populasi. Dan sebagai sampel untuk penelitian kami menggunakan semua siswa kelas IV. Dengan hanya berjumlah 18 siswa, maka dimungkinkan kegiatan penelitian lebih terarah dan dapat memberi peluang hasil-hasil yang diperoleh dari kegiatan penelitian ini dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang maksimum serta tujuan penelitian dapat dicapai sesuai target.
2.      Pengumpulan Data
Secara rinci prosedur penelitian tindakan ini dijabarban dalam uraian berikut ini.
A.  Tahap Perencanaan
Pada tahap perencanaan ini kegiatannya meliputi:
a.       Peneliti dan pengamat menetapkan alternatif peningkatan efektivitas pembelajaran Ipa .
b.      Peneliti bersama-sama kolaborator membuat perencanaan pengajaran yang mengembangkan keterampilan intelektual.
c.       Mendiskusikan tentang pembelajaran Ipayang mengembangkan keterampilan intelektual siswa.
d.      Menginventarisir media pembelajaran.
e.       Membuat lembar observasi.
f.       Mendesain alat evaluasi
B.  Tahap Pelaksanaan Tindakan
Pada tahap pelaksanaan tindakan ini kegiatanya adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran sebagaimana yang telah direncanakan.
C.  Tahap Observasi
Pada tahap observasi ini kegiatan yang dilaksanakan yaitu mengobservasi terhadap pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi yang telah dipersiapkan.
D.  Tahap Refleksi
Pada tahap refleksi ini kegiatannya yaitu meliputi analisis data yang diperoleh melalui observasi pengamatan. Berdasarkan hasil observasi tersebut, guru dapat merefleksikan diri tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan demikian, guru akan dapat mengetahui efektivitas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil refleksi ini akan dapat diketahui kelemahan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga dapat digunakan untuk menentukan tindakan pada siklus selanjutnya
3.      Penganalisaan Data Penelitian
Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistik sederhana yaitu.
A.  Untuk menilai ulangan atau tes formatif
Peneliti melakukan penjumlahan nilai yang diperoleh siswa, yang selanjutnya dibagi dengan jumlah siswa yang ada di kelas tersebut sehingga diperoleh rata-rata tes formatif dapat dirumuskan:
                  Dengan            :      = Nilai rata-rata
                                                               Σ X   = Jumlah semua nilai siswa
                                                                           Σ N   = Jumlah siswa
B.  Untuk ketuntasan belajar
Untuk menghitung persentase ketuntasan belajar digunakan rumus sebagai berikut.
                                           http://www.rahasiahp.com/?id=zahroelektronik
K.  Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
L. Lampiran-Lampiaran
1.  Jadwal Penelitian
No
KEGIATAN
MINGGU KE……..
September
Oktober
November
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan

2
Proses pembelajaran

3
Evaluasi


4
Pengumpulan Data


5
Analisis Data


6
Penyusunan Hasil

7
Pelaporan Hasil

2.  Biaya Penelitian
Akibat yang timbul dari penelitian ini menjadi tanggung jawab peneliti, adapun biaya tersebut adalah :
1. Fotocopy Naskah                : Rp.
2. Kerta folio                           : Rp.
3. jilid buku                             : Rp.
4. Rental Komputer                : Rp.
5. lain – lain                             : Rp.


JUMLAH                               : Rp.
3.  PERSONALIA PENELITI
Penelitian ini melibatkan Tim peneliti, identitas dari Tim tersebut adalah :
1. Nama                                   : IWAN MADANI
              NPM                                     : 1104310084
        Pekerjaan                               : Guru di MI Nurul Huda Tambak Sari Rubaru
  Tugas dalam penelitian         : Pengumpulan dan  Analisis Data