kunjungi

http://www.rahasiahp.com/?id=zahroelektronik

Senin, 16 Januari 2012


 



Contoh Penyusunan Proposal KKG/MGMP Program BERMUTU:

PROPOSAL
KEGIATAN (KKG/MGMP………………….) PROGRAM BERMUTU
KECAMATAN……….KABUPATEN/KOTA…………………………….
TAHUN 2011
                                                                                        
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang (berisi kondisi gambaran pendidikan di kab/kota, permasalahan pendidikan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran, gambaran komitmen kelompok kerja dalam menyelesaikan pendidikan di lingkungan, sumber dana yang diperlukan, dan program peningkatan mutu )

Berdasarkan observasi awal terlihat bahwa satuan pendidikan di tingkat dasar dan menengah di kabupaten/kota . . . pada umumnya tergolong dalam kategori . . . (maju/kurang maju) Hasil penelitian (jika ada) menunjukkan bahwa pendidikan di daerah kab/kota ………………tergolong (maju/rendah/modern/tadisional). demikian juga mutu pendidikan di sekolah kami/wilayah sekolah binaan kami terlihat…….,hal ini nampak dari……………Hal ini terjadi karena . . . kurang tersedianya) dukungan sumber daya pendidikan. Kondisi ini terjadi karena . . . (kurang ditunjang) oleh . . ……….. (misalnya rendahnya kegiatan pengembangan SDM oleh sekolah/dan pihak terkait, rendahnya tingkat hubungan dengan berbagai perguruan tinggi/LPTK, LPMP, PPPPTK).

Sementara itu dilain pihak terjadi tuntutan penguatan peningkatan mutu pendidikan disemua jenjang satuan pendidikan. Hal ini nampak dari munculnya berbagai regulasi/aturan-aturan yang terkait dengan pentingnya kemajuan pendidikan, sebagaimana……… (Per UU an) yang menjelaskan……….. Hal senada juga terdapat  dalam…………….. (PP/Permendiknas/BSNP) yang menjelaskan…………….
Uraian di atas menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang diharapkan. Hal ini berarti ada permasalahan pendidikan terutama terkait dengan kegiatan proses pembelajaran yaitu………………………..(terkait dengan pendekatan/model/media/metode/dst………..) yang memerlukan perhatian sesuai standar ………….(isi/proses/penilaian).
Permasalahan tersebut tidak lepas dari tanggung jawab guru/kepala sekolah/pengawas sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan di tingkat sekolah. Permasalahannya adalah belum semua guru/kepala sekolah/pengawas tersentuh oleh pelatihan/workshop guru/kepala sekolah/pengawas terkait dengan . . . . (sesuai dengan proses pembelajaran). Kompetensi guru/kepala sekolah/pengawas  belum berkembang secara optimal dikarenakan kurang adanya bimbingan dan informasi terkini dalam . . . . (sesuai dengan standar proses pembelajaran/program BERMUTU).
Sebenarnya kegiatan guru/kepala sekolah/pengawas di kelompok kerja…………(KKG/MGMP/…….…….)  secara rutin tetap  berlangsung dengan memberdayakan tenaga yang ada (tutorial sesama guru). Namun, belum ada sentuhan pengembangan dari pihak yang lebih kompeten di bidang pembelajaran dan penilaian, misalnya dari LPMP sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan.
Terkait dengan kondisi kompetensi guru/kepala sekolah/pengawas seperti digambarkan di atas maka kelompok kerja………… (KKG/MGMP/………….) tidak tinggal diam dan puas dengan kondisi tersebut. Kami kelompok kerja…………..memiliki komitmen tinggi untuk berubah maju kearah tercapainya standar …………sebagaimana tuntutan regulasi…………dan tercapainya visi, misi dan tujuan …………….. Ke depan, kelompok kerja………..(KKG/MGMP/……….) kami akan lebih memanfaatkan sumber daya pendidikan yang lebih kompeten, profesional untuk meningkatkan kompetensi kami dalam hal . . . …… (sesuai standar………./ tagihan program BERMUTU) melalui kegiatan brainstorming, pemecahan masalah, ceramah, tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi.
Selama ini kami mendanai kegiatan KKG/MGMP/…………. secara mandiri, iuran anggota dan sedikit mendapatkan bantuan dari sekolah berupa uang transpot. Jika harus mengadakan kegiatan yang memerlukan narasumber yang kompeten dan professional dari luar masih kekurangan dana pendukung. Oleh karena itu, kelompok kerja ………….(KKG/MGMP/…………….) berharap untuk mendapatkan bantuan dana (block grant) melalui program BERMUTU tahun 2011.
Dalam 2 tahun terakhir, kelompok kerja……….(KKG/MGMP/………..) kami telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain pengembangan silabus, pengembangan RPP, penilaian, serta mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan substansi materi pokok. Pada kegiatan tersebut kami masih menggunakan narasumber yang ada, yaitu sesama guru/guru senior yang dipandang lebih mampu. Karena itu, bila kami mendapatkan dana block grant program BERMUTU tahun 2011, kami akan memanfaatkan secara maksimal untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan kelompok kerja…………..(KKG/MGMP/…………… kami.

B.   Tujuan (sesuai dengan rumusan, masalah, terkait dengan peningkatan kompetensi guru, dan terkait dengan permasalahan pembelajaran)
Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan kelompok kerja………(KKG/MGMP/……… ini adalah sebagai berikut.
1.    . . . .
2.    ……..
3.    …….

C.       Hasil Yang Diharapkan (relevan dengan ke empat aspek tujuan yang diharapkan)
1.    Adanya peningkatan kompetensi guru dalam . . . .
2.    Peningkatan kompetensi guru dalam . . . .
3.    Peningkatan kualitas…………………………..

D.       Sasaran (ditetapkan mempertimbangkan ke empat aspek tujuan)
Sasaran kegiatan kelompok kerja………..( KKG/MGMP/……….) ini adalah peningkatan kompetensi………………kualitas proses pembelajaran dan ……………………... Sedangkan sasaran peserta yaitu Guru SD/SMP, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah Negeri dan Swasta di Kabupaten . . ……. mata pelajaran . . . .dengan karakteristik :
·         Latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
·         Kondisi sekolah tempat guru bertugas rata-rata . . . . …..
·         ………………………………………………………………..

E.        Manfaat (memberikan empat manfaat yang diharapkan)
a.    Meningkatnya kompetensi guru dalam . . . . (sesuai tuntutan standar isi, proses, penilaian/ program BERMUTU).
b.    Meningkatnya kualitas ………………. . . . .
c.    ……………………………………………………


BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM

A.    Laporan Pelaksanaan Kegiatan (memuat semua aktivitas yang telah disetujui LPMP, hasil evaluasi kegiatan kelompok kerja dalam satu tahun, permasalahan yang muncul dan upaya pemecahannya, implementasi serta hasil aktivitas kelompok kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah)
Kegiatan kelompok kerja (KKG/MGMP/………) dilaksanakan melalui kegiatan/diklat…………… Yang dilaksanakan pada ………….di…………….kegiatan ini laksanakan dengan alasan……………………….dan diikuti oleh……………dengan nara sumber…………………….(mengembangkan 5 W). Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan proposal yang disetujui LPMP yaitu menekankan pada………………….hasil evaluasi tahun satu tahun berjalan…………………….adapun permasalahan yang muncul adalah……………….sementara itu upaya pemecahan masalah dilakukan ……………Pada sisi lain implementasi kegiatan berjalan……………….sedangkan hasil aktivitas kelompok kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran…………………………

B.        Strategi dan Metode pelaksanaan Program (meliputi 4 kreteria): berpedoman panduan DBL, dilengkapi semua data administrasi kegiatan yang diminta, dilengkapi semua data administrasi keuangan, dan kesesuaian dengan jadwal

Pelaksanaan kegiatan kelompok kerja …….(KKG/MGMP/……..) di kabupaten . . . berjalan dengan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera, sementara fasilitator yang ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi ada di antara anggta sudah pernah memperolehnya (desiminasi). Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan . . . . (untuk peserta tahun II sesuai dengan laporan kegiatan BERMUTU tahun lalu, sedangkan untuk peserta tahun I merupakan gambaran pelaksanaan kelompok kerja………(KKG/MGMP/…….. tahun lalu).
Sebagai bukti telah terlaksananya kegiatan kelompok kerja……(KKG/MGMP/,,,,,,,,,) selama satu tahun terakhir, berikut ini kami sertakan data administrasi, penggunaan dana/keuangan, dan bukti pelaporan. Data pendukung sebagai bukti tersebut dapat dilihat pada lampiran yang ada.

Sebagai pertangungjawaban terhadap terlaksananya kegiatan di KKG/MGMP/…….. . . . kabupaten . . . , seluruh kegiatan mulai dari presensi/absensi, kontribusi anggota dan sekolah induk, topik/materi bahasan serta narasumber yang mengampu, dan jalannya kegiatan dicatat dalam administrasi kegiatan KKG/MGMP.
Khusus mengenai pertanggungjawaban keuangan dicatat/dibukukan dalam bentuk kas dana masuk dan dana keluar. Seluruh penggunaan keuangan KKG/MGMP digunakan secara transparan dan akuntabel dilaporkan kepada anggota dan diketahui oleh pembina KKG/MGMP. Laporan keuangan tersebut merupakan bagian dari laporan seluruh kegiatan KKG/MGMP/……….

C.       Sistem Dokumentasi Kegiatan/pelaporan (meliputi 4 kriterita) :
berpedoman panduan DBL, dilengkapi semua data administrasi kegiatan yang diminta, dilengkapi semua data administrasi keuangan, dan kesesuaian dengan jadwal
D.   Kualitas Program
(meliputi 4 Kriteria)  terkait dengan : kompetensi guru, kebutuhan peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan penerapan hasil pelatihan.
Program kegiatan yang dilaksakan sesuai dengan tuntutan Bermutu yaitu konsen dengan peningkatan kompetensi guru terutama terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran (penerapan pendekatan, model-model pembelajaran terkini, penggunaan metode bekualitas, penerapan media dan alat peraga yang kontekstual) dan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui kegiatan inservice training, diklat, dan penulisan penelitian tindakan kelas yang didesain melalui analisis kritis dan lesson study. Serta kegiatan diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru, seperti seminar proposal, seminar hasil dan sebagainya.
Pelaksanaan kegiatan selama ini menunjukkan kualitas……………(tinggi, sedang, rendah) hal ini nampak dari realitas…………………,kualitas pelaksanaan yang demikian ini disebabkan factor-faktor antara lain ………..untuk itu implementasi hasil-hasil diklat/kegiatan kolektif guru di tingkat kelas selama ini perlu terus ditingkatkan.

E.    Frekwensi Kegiatan (pertahun) lebih dari 15 kali
·         Peserta tahun I sesuaikan dengan frekwensi kegiatan KKG/MGMP satu tahun yang lalu.
·         Peserta tahun II sesuaikan dengan jadwal inservice dan 16 x pertemuan BERMUTU.

F.    Keterlibatan Peserta (90-100 Persen)
Tuliskan berapa persen keterlibatan peserta dalam kegiatan KKG/MGMP/…… satu tahun yang lalu.

G.   Gambaran Alasan Pelaksanaan Program
(tergambar dengan jelas dan tegas, relevan dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, di dukung data dan fakta lapangan)
Tuliskan relevansi pelaksanaan program dengan peningkatan mutu guru.


BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

A.       Penyusunan Perencanaan Kegiatan kelompok Kerja
(disusun  didasarkan pada pengamalan kegiatan tahun sebelumnya, potensi yang dimiliki, permasalahan yang muncul dari pembelajaran, analisis kebutuhan guru akan peningkatan kompetensinya)

Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja………(KKG/MGMP/…….) menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera dengan fasilitator yang sudah pakar; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar dengan atau tanpa pakar. Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan . . .  (sesuaikan dengan standar proses/tagihan BERMUTU)

B.       Strategi dan Metode Rencana Pelaksanaan Program (dapat dilaksanakan di tingkat kelompok kerja)

C.       Materi Kegiatan 

Materi kegiatan kelompok kerja……(KKG/MGMP/……) yang didanai oleh DBL Bermutu ini direncanakan sebagai berikut.
. . . . (sesuaikan dengan program BERMUTU).

D.       Narasumber (kepakaran sesuai dengan masalah, kualitas memadai)
Adapun narasumber yang diminta untuk memberikan bimbingan dalam kegiatan ini   adalah widyaiswara LPMP, dosen bersertifikat BEMUTU.

E.        Waktu/Jadwal Pelaksanaan Pembelajaran (Ada jadwal kegiatan lengkap)
(Sesuaikan dengan kegiatan inservice dan 16 x pertemuan program BERMUTU)

F.        Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan KKG/MGMP BERMUTU dilaksanakan secara tetap di . . . (sanggar KKG/MGMP).
Alamat: Jalan . . . .

G.       Rencana Pemantauan  dan Evaluasi Pelaksanaan Program (sejak persiapan, pelaksanaan dan akhir kegiatan)
Untuk menjaga dan menjamin pelaksanaan kegiatan akan dilakukan monitoring dan evaluasi (ME) oleh LPMP dan penanggung jawab program BERMUTU di daerah. ME akan dilaksanakan sejak dimulainya persiapan kegiatan, saat kegiatan sedang berlangsung, dan pada akhir kegiatan.

H.       Rencana Pelaporan (Bulanan, Triwulan, Tengah Tahun, Dan Akhir Tahun)
Sejalan dengan perencanaan ME, akan dibuatkan laporan secara bertahap, mulai dari persiapan sampai dengan laporan akhir kegiatan. Laporan meliputi pelaksanaan kegiatan, hasil-hasil kegiatan, dan laporan penggunaan dana. Pelaporan dilakukan secara bulanan, triwulan, tengah tahun, dan akhir tahun.

I.          Rencana Anggaran Belanja (RAB)
Disusun sesuai dengan form dan nominal yang telah ditentukan (penerima tahun ke II atau ke III)



BAB IV
PENUTUP

Memuat kesimpulan rencana pelaksanaan kegiatan DBL secara singkat termasuk jadwal pelaksanaan kegiatan mengacu pada tahun anggaran berjalan

LAMPIRAN

A.        Struktur kepengurusan (SK Pembentukan Kelompok/Musyawarah Kerja)
lengkap dan disahkan oleh dinas pendidikan setempat.

B.        Foto copy bukti – bukti pengeluaran anggaran DBL KKG/MGMP/KKKS/MKKS/KKPS/MKPS/FKKG/FMGMP/FKKKS/FMKKS untuk kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah.

C.       Rekap pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah.

D.       Bukti fisik daftar hadir peserta setiap kegiatan pada setiap tahun ajaran sekolah,
lengkap (ada tanda tangan) dan sesuai dengan jadwal kegiatan.

E.      Profil kelompok/musyawarah kerja terbaru.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar