Contoh Penyusunan
Proposal KKG/MGMP Program BERMUTU:
PROPOSAL
KEGIATAN (KKG/MGMP………………….) PROGRAM BERMUTU
KECAMATAN……….KABUPATEN/KOTA…………………………….
TAHUN 2011
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang (berisi kondisi gambaran pendidikan di kab/kota, permasalahan
pendidikan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran, gambaran komitmen kelompok
kerja dalam menyelesaikan pendidikan di lingkungan, sumber dana yang
diperlukan, dan program peningkatan mutu )
Berdasarkan observasi awal terlihat bahwa satuan pendidikan
di tingkat dasar dan menengah di kabupaten/kota . . . pada umumnya tergolong dalam
kategori . . . (maju/kurang maju) Hasil penelitian (jika ada) menunjukkan bahwa
pendidikan di daerah kab/kota ………………tergolong (maju/rendah/modern/tadisional). demikian
juga mutu pendidikan di sekolah kami/wilayah sekolah binaan kami
terlihat…….,hal ini nampak dari……………Hal ini terjadi karena . . . kurang
tersedianya) dukungan sumber daya pendidikan. Kondisi ini terjadi karena . . .
(kurang ditunjang) oleh . . ……….. (misalnya rendahnya kegiatan pengembangan SDM
oleh sekolah/dan pihak terkait, rendahnya tingkat hubungan dengan berbagai
perguruan tinggi/LPTK, LPMP, PPPPTK).
Sementara
itu dilain pihak terjadi tuntutan penguatan peningkatan mutu pendidikan disemua
jenjang satuan pendidikan. Hal ini nampak dari munculnya berbagai
regulasi/aturan-aturan yang terkait dengan pentingnya kemajuan pendidikan,
sebagaimana……… (Per UU an) yang
menjelaskan……….. Hal senada juga
terdapat dalam……………..
(PP/Permendiknas/BSNP) yang menjelaskan…………….
Uraian di atas menunjukkan adanya kesenjangan antara
kondisi yang ada dengan kondisi yang diharapkan. Hal ini berarti ada permasalahan pendidikan terutama terkait dengan kegiatan proses pembelajaran
yaitu………………………..(terkait dengan pendekatan/model/media/metode/dst………..) yang
memerlukan perhatian sesuai standar
………….(isi/proses/penilaian).
Permasalahan
tersebut tidak lepas dari tanggung jawab guru/kepala sekolah/pengawas sebagai ujung tombak
pelaksana pendidikan di tingkat sekolah. Permasalahannya
adalah belum semua guru/kepala sekolah/pengawas tersentuh oleh pelatihan/workshop
guru/kepala sekolah/pengawas terkait dengan . . . . (sesuai dengan proses
pembelajaran). Kompetensi guru/kepala sekolah/pengawas belum berkembang secara optimal dikarenakan
kurang adanya bimbingan dan informasi terkini dalam . . . . (sesuai dengan standar
proses pembelajaran/program BERMUTU).
Sebenarnya
kegiatan guru/kepala sekolah/pengawas di kelompok kerja…………(KKG/MGMP/…….…….) secara
rutin tetap berlangsung dengan memberdayakan tenaga yang
ada (tutorial
sesama guru). Namun, belum ada sentuhan pengembangan dari pihak yang lebih
kompeten di bidang pembelajaran dan penilaian, misalnya dari LPMP sebagai
lembaga penjaminan mutu pendidikan.
Terkait
dengan kondisi kompetensi guru/kepala sekolah/pengawas seperti digambarkan di
atas maka kelompok kerja………… (KKG/MGMP/………….) tidak tinggal diam dan puas
dengan kondisi tersebut. Kami kelompok kerja…………..memiliki komitmen tinggi
untuk berubah maju kearah tercapainya standar …………sebagaimana tuntutan
regulasi…………dan tercapainya visi, misi dan tujuan …………….. Ke depan, kelompok
kerja………..(KKG/MGMP/……….) kami akan lebih memanfaatkan sumber daya pendidikan yang
lebih kompeten, profesional untuk meningkatkan kompetensi kami dalam
hal . . . …… (sesuai standar………./ tagihan program BERMUTU)
melalui kegiatan brainstorming, pemecahan masalah, ceramah, tanya jawab
interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi.
Selama
ini kami mendanai kegiatan KKG/MGMP/…………. secara mandiri, iuran anggota dan
sedikit mendapatkan bantuan dari sekolah berupa uang transpot. Jika harus
mengadakan kegiatan yang memerlukan narasumber yang kompeten dan professional dari
luar masih kekurangan dana pendukung. Oleh karena itu, kelompok kerja ………….(KKG/MGMP/…………….)
berharap untuk mendapatkan bantuan dana (block
grant) melalui program BERMUTU tahun 2011.
Dalam
2 tahun terakhir, kelompok kerja……….(KKG/MGMP/………..) kami telah melaksanakan
beberapa kegiatan, antara lain pengembangan silabus, pengembangan RPP,
penilaian, serta mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan
substansi materi pokok. Pada kegiatan tersebut kami masih menggunakan
narasumber yang ada, yaitu sesama guru/guru senior yang dipandang lebih mampu.
Karena itu, bila kami mendapatkan dana block
grant program BERMUTU tahun 2011, kami akan memanfaatkan secara maksimal
untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan kelompok kerja…………..(KKG/MGMP/……………
kami.
B.
Tujuan
(sesuai dengan rumusan, masalah, terkait dengan
peningkatan kompetensi guru, dan terkait dengan permasalahan pembelajaran)
Tujuan
yang akan dicapai dalam kegiatan kelompok kerja………(KKG/MGMP/……… ini adalah
sebagai berikut.
1. . .
. .
2. ……..
3. …….
C.
Hasil
Yang Diharapkan (relevan dengan ke empat aspek tujuan
yang diharapkan)
1. Adanya
peningkatan kompetensi guru dalam . . . .
2. Peningkatan kompetensi guru dalam . . . .
3. Peningkatan kualitas…………………………..
D.
Sasaran
(ditetapkan mempertimbangkan ke empat aspek tujuan)
Sasaran
kegiatan kelompok kerja………..( KKG/MGMP/……….) ini adalah peningkatan
kompetensi………………kualitas proses pembelajaran dan ……………………... Sedangkan sasaran
peserta yaitu Guru SD/SMP, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah Negeri dan Swasta
di Kabupaten . . ……. mata pelajaran . . . .dengan karakteristik :
·
Latar belakang pendidikan sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu.
·
Kondisi sekolah tempat guru bertugas
rata-rata . . . . …..
·
………………………………………………………………..
E.
Manfaat
(memberikan empat manfaat yang diharapkan)
a. Meningkatnya
kompetensi guru dalam . . . . (sesuai tuntutan standar isi, proses, penilaian/
program BERMUTU).
b. Meningkatnya
kualitas ………………. . .
. .
c. ……………………………………………………
BAB II
DESKRIPSI
PELAKSANAAN PROGRAM
A. Laporan Pelaksanaan
Kegiatan (memuat semua aktivitas yang telah disetujui
LPMP, hasil evaluasi kegiatan kelompok kerja dalam satu tahun, permasalahan
yang muncul dan upaya pemecahannya, implementasi serta hasil aktivitas kelompok
kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah)
Kegiatan
kelompok kerja (KKG/MGMP/………) dilaksanakan melalui kegiatan/diklat…………… Yang
dilaksanakan pada ………….di…………….kegiatan ini laksanakan dengan
alasan……………………….dan diikuti oleh……………dengan nara sumber…………………….(mengembangkan
5 W). Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan proposal yang disetujui LPMP yaitu
menekankan pada………………….hasil evaluasi tahun satu tahun berjalan…………………….adapun
permasalahan yang muncul adalah……………….sementara itu upaya pemecahan masalah
dilakukan ……………Pada sisi lain implementasi kegiatan berjalan……………….sedangkan
hasil aktivitas kelompok kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran…………………………
B.
Strategi
dan Metode pelaksanaan Program (meliputi 4 kreteria):
berpedoman panduan DBL, dilengkapi semua data administrasi kegiatan yang
diminta, dilengkapi semua data administrasi keuangan, dan kesesuaian dengan
jadwal
Pelaksanaan
kegiatan kelompok kerja …….(KKG/MGMP/……..) di kabupaten . . . berjalan dengan
menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif,
diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika
menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera, sementara fasilitator yang
ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami
konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi ada di antara anggta sudah pernah
memperolehnya (desiminasi). Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan
masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan
persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah
menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan . . . . (untuk peserta tahun II
sesuai dengan laporan kegiatan BERMUTU tahun lalu, sedangkan untuk peserta
tahun I merupakan gambaran pelaksanaan kelompok kerja………(KKG/MGMP/…….. tahun
lalu).
Sebagai
bukti telah terlaksananya kegiatan kelompok kerja……(KKG/MGMP/,,,,,,,,,) selama
satu tahun terakhir, berikut ini kami sertakan data administrasi, penggunaan
dana/keuangan, dan bukti pelaporan. Data pendukung sebagai bukti tersebut dapat
dilihat pada lampiran yang ada.
Sebagai
pertangungjawaban terhadap terlaksananya kegiatan di KKG/MGMP/…….. . . .
kabupaten . . . , seluruh kegiatan mulai dari presensi/absensi, kontribusi
anggota dan sekolah induk, topik/materi bahasan serta narasumber yang mengampu,
dan jalannya kegiatan dicatat dalam administrasi kegiatan KKG/MGMP.
Khusus
mengenai pertanggungjawaban keuangan dicatat/dibukukan dalam bentuk kas dana
masuk dan dana keluar. Seluruh penggunaan keuangan KKG/MGMP digunakan secara
transparan dan akuntabel dilaporkan kepada anggota dan diketahui oleh pembina
KKG/MGMP. Laporan keuangan tersebut merupakan bagian dari laporan seluruh
kegiatan KKG/MGMP/……….
C. Sistem
Dokumentasi Kegiatan/pelaporan (meliputi 4 kriterita) :
berpedoman panduan
DBL, dilengkapi semua data administrasi kegiatan yang diminta, dilengkapi semua
data administrasi keuangan, dan kesesuaian dengan jadwal
D.
Kualitas Program
(meliputi 4 Kriteria) terkait dengan
: kompetensi guru, kebutuhan peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan
keprofesian berkelanjutan, dan penerapan hasil pelatihan.
Program kegiatan yang dilaksakan sesuai dengan tuntutan
Bermutu yaitu konsen dengan peningkatan kompetensi guru terutama terkait dengan
peningkatan kualitas pembelajaran (penerapan pendekatan, model-model
pembelajaran terkini, penggunaan metode bekualitas, penerapan media dan alat
peraga yang kontekstual) dan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui
kegiatan inservice training, diklat, dan penulisan penelitian tindakan kelas
yang didesain melalui analisis kritis dan lesson study. Serta kegiatan diklat
fungsional dan kegiatan kolektif guru, seperti seminar proposal, seminar hasil
dan sebagainya.
Pelaksanaan kegiatan selama ini menunjukkan
kualitas……………(tinggi, sedang, rendah) hal ini nampak dari
realitas…………………,kualitas pelaksanaan yang demikian ini disebabkan factor-faktor
antara lain ………..untuk itu implementasi hasil-hasil diklat/kegiatan kolektif
guru di tingkat kelas selama ini perlu terus ditingkatkan.
E.
Frekwensi Kegiatan (pertahun) lebih dari 15 kali
·
Peserta
tahun I sesuaikan dengan frekwensi kegiatan KKG/MGMP satu tahun yang lalu.
·
Peserta
tahun II sesuaikan dengan jadwal inservice dan 16 x pertemuan BERMUTU.
F.
Keterlibatan Peserta (90-100 Persen)
Tuliskan berapa persen keterlibatan peserta
dalam kegiatan KKG/MGMP/…… satu tahun yang
lalu.
G.
Gambaran Alasan
Pelaksanaan Program
(tergambar dengan jelas dan tegas, relevan dengan upaya peningkatan
kualitas pembelajaran, di dukung data dan fakta lapangan)
Tuliskan relevansi pelaksanaan
program dengan peningkatan mutu guru.
BAB III
RENCANA
PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Penyusunan Perencanaan Kegiatan kelompok Kerja
(disusun didasarkan pada pengamalan kegiatan tahun sebelumnya,
potensi yang dimiliki, permasalahan yang muncul dari pembelajaran, analisis
kebutuhan guru akan peningkatan kompetensinya)
Rencana
pelaksanaan kegiatan kelompok kerja………(KKG/MGMP/…….) menggunakan strategi
brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta
simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan
pemecahan segera dengan fasilitator yang sudah pakar; ceramah dan tanya jawab
interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar dengan
atau tanpa pakar. Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang
timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi;
dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan
titik temu, selain untuk menghasilkan . . .
(sesuaikan dengan
standar proses/tagihan BERMUTU)
B. Strategi dan Metode
Rencana Pelaksanaan Program (dapat dilaksanakan di tingkat kelompok kerja)
C.
Materi Kegiatan
Materi kegiatan kelompok kerja……(KKG/MGMP/……)
yang didanai oleh DBL Bermutu ini direncanakan sebagai berikut.
. . . . (sesuaikan dengan program BERMUTU).
D.
Narasumber
(kepakaran sesuai dengan masalah, kualitas memadai)
Adapun
narasumber yang diminta untuk memberikan bimbingan dalam kegiatan ini adalah
widyaiswara LPMP, dosen bersertifikat BEMUTU.
E.
Waktu/Jadwal
Pelaksanaan Pembelajaran (Ada jadwal kegiatan lengkap)
(Sesuaikan dengan
kegiatan inservice dan 16 x pertemuan
program BERMUTU)
F.
Tempat Pelaksanaan
Kegiatan
Kegiatan
KKG/MGMP BERMUTU dilaksanakan secara tetap di . . . (sanggar KKG/MGMP).
Alamat:
Jalan . . . .
G.
Rencana
Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan
Program (sejak persiapan, pelaksanaan dan akhir
kegiatan)
Untuk
menjaga dan menjamin pelaksanaan kegiatan akan dilakukan monitoring dan
evaluasi (ME) oleh LPMP dan penanggung jawab program BERMUTU di daerah. ME akan
dilaksanakan sejak dimulainya persiapan kegiatan, saat kegiatan sedang
berlangsung, dan pada akhir kegiatan.
H. Rencana Pelaporan (Bulanan, Triwulan, Tengah Tahun, Dan
Akhir Tahun)
Sejalan
dengan perencanaan ME, akan dibuatkan laporan secara bertahap, mulai dari
persiapan sampai dengan laporan akhir kegiatan. Laporan meliputi pelaksanaan
kegiatan, hasil-hasil kegiatan, dan laporan penggunaan dana. Pelaporan
dilakukan secara bulanan, triwulan, tengah tahun, dan akhir tahun.
I.
Rencana
Anggaran Belanja (RAB)
Disusun
sesuai dengan form dan nominal yang telah ditentukan (penerima tahun ke II atau
ke III)
BAB IV
PENUTUP
Memuat
kesimpulan rencana pelaksanaan kegiatan DBL secara singkat termasuk jadwal
pelaksanaan kegiatan mengacu pada tahun anggaran berjalan
LAMPIRAN
A.
Struktur
kepengurusan (SK Pembentukan Kelompok/Musyawarah Kerja)
lengkap dan disahkan
oleh dinas pendidikan setempat.
B.
Foto
copy bukti – bukti pengeluaran anggaran DBL KKG/MGMP/KKKS/MKKS/KKPS/MKPS/FKKG/FMGMP/FKKKS/FMKKS
untuk kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah.
C.
Rekap
pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah.
D.
Bukti
fisik daftar hadir peserta setiap kegiatan pada setiap tahun ajaran sekolah,
lengkap (ada tanda
tangan) dan sesuai dengan jadwal kegiatan.
E.
Profil kelompok/musyawarah kerja terbaru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar